Rabu, 09 September 2009


JAKARTA, fauzianak21.com — Sebanyak 24 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tk I Golkar mendeklarasikan dukungan terhadap Aburizal Bakrie sebagai ketua umum Partai Golkar yang pemilihannya akan berlangsung pada Munas Golkar Oktober mendatang.

Pernyataan sikap ini dikemukakan dalam deklarasi yang disampaikan oleh ketua masing-masing DPD, pada Rabu (9/9) malam di Hotel Gran Mahakam, Jakarta Selatan.

"Deklarasi ini sebagai pernyataan sikap dukungan kamu terhadap pencalonan Aburizal Bakrie sebagai ketua umum periode 2009-2014 ," kata Ketua DPD Tk I Golkar Provinsi Sulawesi Tenggara Aminuddin Ponulele, selaku juru bicara, kepada para wartawan.

Dalam pernyataannya, para pimpinan DPD tersebut memandang sosok Ical, panggilan Aburizal Bakrie, sebagai sosok yang paling tepat untuk memimpin Golkar yang tengah mengalami keterpurukan pascakegagalan Golkar dalam perolehan suara pada pileg dan pilpres lalu.

Mereka juga menyebutkan sejumlah kriteria ideal kandidat ketua umum Golkar. Hal itu antara lain harus memiliki sikap visioner, loyalitas, kapabilitas, pengabdian, dan pengalaman dalam berorganisasi. "Tanpa merendahkan calon-calon lainnya. Kami kira parameter tersebut hanya dimiliki oleh Bapak Aburizal Bakrie," kata Aminuddin.

Selain menyatakan dukungannya terhadap Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat itu, para pimpinan DPD tersebut juga menyatakan kesiapannya apabila ditunjuk untuk menjadi tim sukses Aburizal Bakrie sebagai ketua umum Golkar.

Ketika ditanya bila ada anggota DPD yang memberikan dukungan terhadap calon lain, Aminuddin mengatakan bahwa setiap pimpinan DPD telah melakukan instruksi agar dukungan terhadap Ical ini dikonsolidasikan juga ke bawah. "Ketua DPD Tk I ini kan membawahi DPD Tk II. Kalau ada yang liar-liar ya supaya dikembalikan lagi," ungkapnya.

Namun, dari 24 DPD yang mendukung pencalonan Ical, sebanyak sembilan DPD tidak hadir dalam acara deklarasi tersebut, yakni DPD Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Nusa Tenggara Barat. "Mereka berhalangan hadir. Namun, dari pernyataan sikap yang kami terima, mereka tetap mendukung Aburizal Bakrie sebagai ketua umum," kata dia.

Aminuddin mengatakan, pernyataan sikap tersebut akan segera disampaikan dalam pernyataan tertulis yang akan diserahkan kepada Ical untuk segera ditindak lanjuti. "Pernyataan resmi dari 24 DPD akan kami serahkan besok malam," tandas Aminuddin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar